Posted on: 20 Februari 2020 Posted by: admin Comments: 0

TUHAN Mengatur Langkah Awal

Selamat Ulang Tahun Simpul Berkat.

Hari ini, Kamis, 20 Februrari 2020, Yayasan Simpul Berkat tepat berulang tahun pertama. Ulang tahun ini langkah awal penyertaan Tuhan bagi kami untuk fokus dan tetap setia melakukan kerjalayan media literasi Kristen. WA for Bible, pembinaan-pembinaan, bantuan penyediaan buku hingga mendoakan adalah berbagai kegiatan yang kami lakukan. Ada banyak rencana dalam tahun ini yang akami akan lakukan, kunjungan ke berbagai daerah untuk memedia literasi Alkitab, pelayana dan pendirian radio streaming serta menjalin relasi dengan berbagi pihak.

Kerinduan kami, agar Tuhan terus menyertai pelayanan kami. Seperti bayi balita yang membutuhkan asupan gizi yang baik, kami juga butuh dukungan sehingga pelayanan ini dapat berjalan.

Lalu seorang sahabat yang setiap hari memberikan materi untuk diinformasikan lewat website ini mengirimkan sebuah permenungan di bawah ini. TUHAN lah yang mengatur langkah awal hingga sampai tujuanNya.
Terus berkarya dalam langkah Tuhan….. Selamat merayakan satu tahun berkatNya.
Jadi Aku telah berfirman: Aku akan menuntun kamu keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju ke negeri orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Dan bilamana mereka mendengarkan perkataanmu, maka engkau harus beserta para tua-tua Israel pergi kepada raja Mesir, dan kamu harus berkata kepadanya: TUHAN, Allah orang Ibrani, telah menemui kami; oleh sebab itu, izinkanlah kiranya kami pergi ke padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah kami. Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat. Tetapi Aku akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya; sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi. Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa, tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu.”  — Keluaran 3:17-22
Masih lanjut jawaban TUHAN atas pertanyaan Musa, bagaimana menjawab bila ditanya tentang Siapa yang menyuruh dia memimpin Israel keluar dari Mesir:
1. Janji TUHAN sendiri akan menuntun Israel. Tidak perlu ragu, takut, khawatir tentang banyak alasan apa pun. TUHAN Sang Ada Kekal sendiri-Nya yang akan menuntun mereka.
2. TUHAN memberikan deskripsi jelas kemana tujuan Ia akan menuntun mereka, yaitu untuk menaklukkan tanah orang Het, Amori, Hewi dan Yebus, tanah yang berkelimpahan susu dan madunya. TUHAN akan menjadikan mereka umat pemenang yang merdeka dalam alam yang berkelimpahan hasilnya.
3. Orang Israel akan mendengar. Rencana TUHAN akan disambut oleh mereka. 
4. Lalu Musa harus mengajak para tua-tua Israel menghadap Firaun dan menyampaikan 1) fakta perjumpaan dengan TUHAN ini, dan 2) meminta izin untuk Israel pergi meninggalkan Mesir.
5. TUHAN sudah melihat lebih dulu bahwa Firaun akan mengeraskan hati. Maka mengatasi itu, TUHAN akan turun tangan dengan tanda-tanda penghakiman dan penghukuman yang dahsyat. Di lain pihak, TUHAN akan membuat rakyat Mesir bermurah hati, rela berbagi dengan mantan Budak tersebut sehingga mereka tidak keluar dengan tangan kosong melainkan dengan perbekalan yang berlimpah. Orang Israel sendiri perlu aktif meminta perbekalan itu sehingga keadilan berlaku: Sekian lama mereka dijadikan budak, kini mereka merampas harta orang Mesir.
Intinya dalam nas sebelum ini TUHAN memberi tanda keberhasilan di FINISH nanti. Kini Ia menberi perintah dan janji untuk START. Umat, orang percaya, para pekerja Tuhan tinggal mengikuti dan bekerjasama dengan-Nya sepanjang perjalanan itu. Ia yang memulai, Ia yang akan beserta sampai kita tiba di akhir. Terpujilah Ia kekal selama-lamanya dari awal sampai ke akhir pekerjaan, pelayanan, kehidupan kita. Amin.
Mari memberkati sesama melalui pelayanan literasi Yay. Simpul Berkat. Kirim dukungan Anda ke: BCA 0953882377

 

Categories:

Leave a Comment