Posted on: 16 September 2020 Posted by: admin Comments: 0

Pengantar ke Daniel pasal 11 – 12:

) Ingat bahwa pasal 11 – 12 terjalin khususnya dengan pasal 10, dan adalah penutup atau kesimpulan dari seluruh kitab Daniel. Karena itu usahakan membaca dua pasal ini berulang kali sambil mengingat prologuenya pasal 20 dan dengan mengingat seluruh perspektif pasal-pasal Daniel sebelumnya.

2) Bayangkan Anda mengambil posisi Daniel, melihat ke berbagai peristiwa sejarah dari masa depan dekat Daniel yaitu sekitar peralihan Media-Persia ke Yunani, lalu Anda melihat ke belakang dan ke depan. Ternyata Anda menemukan berbagai peristiwa yang pola dan hakikatnya seakan mengulang – kedaulatan Tuhan, pemeliharaan-Nya atas umat yang setia, konflik-konflik antar bangsa dan kerajaan, konflik-konflik duniawi/ bumiah yang menjadi lebih jelas bila dipahami dalam kaitan dengan konflik-konflik ekstra bumiah.

3) Bayangkan Anda melihat ke peristiwa-peristiwa sejarah bukan saja dengan teleskop ke depan tetapi juga dengan teleskop ke belakang. Apakah pembayangan ini membuat Anda bisa lebih melihat pola dan pesan yang ingin disampaikan oleh kitab Daniel?

Categories:

Leave a Comment