Posted on: 17 Oktober 2019 Posted by: admin Comments: 0

Lima Aspek Pelayanan

Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di kota itu dan memperoleh banyak murid. Lalu kembalilah mereka ke Listra, Ikonium dan Antiokhia. Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.  — Kisah Para Rasul 14:21-22
Untuk menangkap unsur-unsur pentng apa saja yang dilakukan Paulus dan Barnabas, perhatikan terjemahan literal berikut ini:
And having announced the gospel to that city, and having made many disciples, they returned to Lystra and Iconium and Antioch, confirming the souls of the disciples, exhorting to continue in the faith, and that through many afflictions we must enter into the kingdom of God.
1. Mewartakan Injil  — Injil adalah kisah kehidupan dan perbuatan Yesus Kristus. Ini inti, sifat dan wujud dari penginjilan yang benar. —
2. Membentuk murid pada mereka yang menyambut Injil. — Murid adalah pembelajar. Menyambut Injil dengan percaya, bertobat, dibaptis dan menerima Roh harus berlanjut dalam proses belajar seumur hidup. Belajar makin kenal Yesus Kristus dalam relasi yang vital, belajar jebenaran yang tercakup dalam iman Kristen dengan melibatkan akal, perasaan dan tindakan nyata, belajar implikasi iman kepada Yesus Kristus ke seluruh aspek kehidupan keseharian, belajar makin menyatu dan menyerupai Dia.
3. Menguatkan hati / jiwa mereka — Dengan memerhatikan pusat / inti / yang terpenting dan terutama agar mewujud ke luar — inside — out.
4. Menasihati agar mereka berlanjut dalam iman  — Iman percaya yang sejati adalah yang berkelanjutan, hidup tidak sekali untuk selamanya, atau sekali-sekali, tetapi seterusnya hidup dalam iman, harap dan kasih.
5. Sebab, untuk masuk Kerajaan Allah harus melalui banyak sengsara — Sengsara terutama dating dari dunia yang jahat, yang digerakkan oleh si iblis dan para roh jahat pengikutnya, dan sengsara dalam arti akibat adanya peperangan antara sifat lama dan sifat rohani baru dari Roh.
Kiranya ini boleh menjadi prinsip dalam kehidupan pribadi kita, keluarga kita, berbagai aspek pelayanan kita di gereja local atau pun di rekanan gerejawi luas.
Mari memberkati sesama di banyak daerah
melalui pelayanan literasi Yay. Simpul Berkat.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 0953882377

 

Categories:

Leave a Comment