Posted on: 4 Juli 2020 Posted by: admin Comments: 0

Info tambahan Kitab Daniel

1. Pasal 2, 4, 5 berisi kisah interaksi Daniel dengan para penguasa dunia dalam rentang jalannya waktu. Interaksi tersebut dalam rangka menghadapi berbagai masalah kepribadian, pergumulan internal penguasa, penyalahgunaan kekuasaan, dan tanggungjawab orang beriman untuk menjadi wakil Allah terhadap penguasa mana pun. Maka ketiga pasal ini mengungkapkan tugas dan tanggungjawab yang penting dan krusial dari orang percaya di tengah dunia!

2. Kisah pertama (psl. 2) adalah kegalauan Nebukadnezar tentang mimpinya yang sudah ia lupakan, kisah kedua sekitar penglihatan Nebukadnezar lainnya yang menyangkut konflik kerajaan-kerajaan dunia dan Kerajaan Allah, lalu kisah ketiga penglihatan seram Belsyazar.

3. Perbandingan:

1) kisah 1 dan 3 ditulis penulis Daniel, kisah 2 dinarasikan oleh Nebukadnezar sendiri. Ini hal yang luar biasa, bagian Alkitab memasukkan narasi yang berasal dari orang kafir dan bukan umat Allah! Kedaulatan Roh Allah dan organisme yang melibatkan pengalaman bahkan kapasitas manusia, tercakup dalam proses pewahyuan dan inspirasi! Ini penting untuk kita mengerti proses pewahyuan dan pengilhaman Alkitab, dan karenanya perlu selalu disadari ketika berusaha mengerti Alkitab dan maknanya.

2) Tentang Waktu: – kisah 1 sekitar 2 tahun sesudah pengujian Daniel cs: sekitar April 603 – Maret 602; psl. 4:4-5 sesudah Babel mengalahkan Mesir (588-7) dan Yerusalem (587-6) pas ketika Nebukadnezar sedang di puncak kekuasaan, serangan kegilaannya terjadi antara 582-575. Tahun 563 Nebukadnezar dibunuh oleh Evil Marodakh, putranya yang kemudian dibunuh lagi oleh iparnya Jenderal Neriglissar di tahun 561. Jenderal ini dibunuh 4 tahun kemudian diganti putranya Labashi-Marduk yang juga dibunuh 9 bulan kemudian (556). Pemberontaknya adalah Nabonidus yang tidak berasal dari garis dinasti Nebukadnezar tetapi menikahi putri Nebukadnezar. Ia berasal dari keturunan saudagar, semasa pemerintahannya fokus menaklukkan Arabia dan Edom yang ia taklukkan tahun 552. karena ia lebih berkonsentrasi ke urusan peluasan wilayah, maka pemerintahan dalam negeri praktis di tangan putranya, Belsyazar. Pada September 539 ia mengadakan pesta orgi alkohol, mungkin juga sex dengan menodai benda2 kudus Bait Allah. Malam itu juga serangan Darius raja orang Media, berakhirlah Babel besar itu. Rentang waktu pelayanan Daniel dalam 3 kasus besar ini (psl. 2, 4) adalah 60 tahun sesudah pasal 1 ketika ia berketetapan hati mengutamakan relasinya dengan YHWH. Luar biasa rentang waktu dan sifat karya orang yang setia kepada Tuhan Allah, dipakai Tuhan membawa kesaksian dan pengaruh Kerajaan ke dalam kerajaan-kerajaan dunia!

3) Asal masalah: kisah 1 dan 3 adalah penyataan langsung / intervensi supernatural dari Allah, sedangkan kisah 2 adalah mimpi pribadi Nebukadnezar berkaitan dengan pergumulan pribadinya sendiri, namun semua digolongkan sebagai rahasia yang hanya dapat dipecahkan oleh iluminasi dari Allah. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa: (1) makin tinggi kedudukan orang, terutama dalam diri orang non-Kristen ada banyak masalah salah citra diri, salah konsep kuasa, bahaya ke tuntutan pemujaan diri. Orang2 Kristen yang masuk ke dalam ring kekuasaan selain harus memelihara pemahaman diri yang benar, ditantang untuk peka akan adanya kesalahan fatal para pejabat ini yang memerlukan keberanian, kebijaksanaan mengingatkan prinsip kuasa dalam terang kekuasaan Allah dan rencana Allah. (2) misi dan visi orang Kristen adalah kedaulatan dan kemuliaan Allah dinyatakan, pejabat tinggi harus mengakui dan menerima fakta itu serta dampak nyatanya sesuai respons mereka.

3)Sikap Daniel sebelum dan sesudah mengartikan rahasia: memuji Allah. Dalam dua kisah pertama ada mazmur Daniel, ada juga “mazmur” Nebukadnezar. Alangkah dahsyatnya peran hamba Tuhan dalam percaturan politik yaitu membuka kemungkinan untuk lahirnya mazmur2 baik dari hamba Tuhan sendiri maupun dari yang bukan orang beriman.

Dukung pelayanan literasi Yayasan Simpul Berkat | E-mail: simpulberkat@gamil.com |
Bank BCA – No. Rekening: 0953882377 – a.n. Philip H. S
Categories:

Leave a Comment