Aktivitas Pelayanan Yayasan Simpul Berkat dalam Foto
Posted on: 27 Desember 2019 Posted by: admin Comments: 0

Catatan Akhir Tahun : Media Literasi Kristen

Tahun 2019 adalah tahun syukur bagi kami. Karena secara resmi pelayanan Yayasan Simpul Berkat dicatat dalam lembaran negara yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum HAM) Republik Indonesia dengan Surat Keputusan nomer : AHU-0003177.AH.01.04. Tahun 2019, dan juga tercatat lewat Akta Notaris 13 tanggal 20 Februari 2019 yang dikeluarkan oleh Notaris Merryl Haidar Karennina SH, M.KN.

Berbekal SK itulah kami mulai menjalankan secara resmi kegiatan-kegiatan kerja layan kami. Dengan visi : Menjadi lembaga penghubung bagi kehidupan warga Kristen untuk lebih dekat dan mencintai Kristus, kami lakukan sejumlah kegiatan. Antara lain, pelatihan media literasi khususnya kemajuan teknologi lewat media sosial yang dapat mengubah kehidupan sebagai Kristen. Kegiatan utama yang dilakukan adalah memberikan edukasi dan pemahaman yang benar bahwa Alkitab harus dibaca setiap hari, dan tidak boleh dikalahkan oleh kemajuan teknologi lewat media sosial. Namun kemajuan teknologi harusnya mempermudah hubungan dengan Allah.

Sepanjang tahun ini, kami sudah melayani sejumlah komunitas, baik gereja, sekolah dan kampus serta kelompok-kelompok kecil. Mulai dari Jayapura, Tarutung, Surabaya, Semarang, Salatiga, Jogja, Pati, Jakarta hingga Sumba. Output yang dihasilkan adalah terbentunya kelompok-kelompok WA (WAG) untuk kemudian didampingi dalam membaca satu atau dua pasal Alkitab setiap hari. Kami menjadi admin pendampingan 15 grup WA, apakah itu warga gereja dan juga kumpulan-kumpulan kristen yang mengundang kami untuk memberikan tulisan-tulisan pengantar dari pasal-pasal Alkitab yang dibaca.

Pelatihan menggunakan media sosial dengan bijak juga menjadi bagian materi yang kami berikan kepada aktivis gereja, mahasiswa dan pelajar. Ini penting dan harus terus menerus diberikan oleh semua pihak. Catatan yang dikeluarkan oleh Kominfo saja soal pengguna internet di Indonesia angkanya terus meningkat, hampir menembus 150 juta orang di tahun 2018. Diprediksi di tahun 2020 akan terus meningkat. Dampak posistif dan negatif juga besar terhadap pengunaan internet. Banyak berita disampaikan ke masyarakat, antara lain sejumlah remaja mengalami gangguan baik secara fisik dan non fisik terhadap kegandrungan media sosial dan game online.  Atau juga angka kejahatan terhadap siber juga meningkat serta penyebaran berita hoax semakin masiv sehingga mengganggu tatanan sosial masyarakat.

Memang dalam catatan ini tidak disebutkan angka-angka, namun itu dengan mudah dapat ditemukan dalam mesin pencari data, seperti google atau lainnya. Di kehidupan Kristen sendiri juga sama dengan kehidupan pada umumnya masyarakat. Kampanye literasi media perlu juga terus menerus dilakukan, khususnya yang berhubungan dengan kebiasan Kristen membaca Alkitab.

Dikaitkan dengan misi yayasan ini, antara lain :

  • Membangun simpul kerja bersama dengan lembaga lain dan organisasi gereja untuk mengedukasi firman Tuhan dan prinsip kemanusian lewat pelayanan literasi media bagi semua umat (anak, remaja, dan dewasa).
  • Membantu dan menyalurkan berkat/bantuan bagi yang membutuhkan dalam kondisi bencana.

Kerja layan kami tidak bisa dilakukan sendiri oleh yayasan ini. Kerja layan ini perlu bersinergi dengan semua pihak, baik gereja, lembaga pemerintah dan non pemerintah dan individu.

 

Pendanaan

Tantangan lainnya adalah, pendanaan bagi jalannya yayasan ini. Kami selama ini mendapatkan dukungan dari individu yang punya tujuan bersama untuk membantu menolong orang Kristen untuk memiliki kebiasaan baca Alkitab setiap hari, secara khusus lewat online dan media sosial wattsapp. Kami menyebutnya WA for Bible. Gerakan ini kami mulai sebelum yayasan ini terbentuk  secara resmi. Dan gerakan ini akan dilakukan terus menerus kepada orang Kristen.

Pendanaan ini memang harus terus disebarkan dan dibagikan kepada khalayak sehingga banyak yang mendukung lewat donasi ke yayasan ini. Pendanaan juga menjadi persoalan kami ketika kami harus menyediakan biaya operasional bagi para staf volunteer dan kebutuhan operasional kantor lainnya. Upaya kami untuk menyebarkan kebutuhan kami terus dilakukan dan dikirimkan kepada para donatur. Kami bersyukur di tengah keterbatasan pendanaan yang masuk ke kami, berbagai kegiatan dapat kami lakukan dan itu semua karena anugerah Nya.

 

Perencanaan

Tahun 2020 adalah tahun yang harus kami hadapi. Berbagai rencana yang akan kami lakukan, seperti pelatihan dan pembinaa media literasi bagi Kristen, baik tua dan muda akan kami lakukan di sejumlah daerah, yaitu Timika, Singkawang, Manado, Jawa Tengah hingga area Sumatera. Pendirian radio online juga menjadi rencana kami untuk tahun 2020 serta peningkatan isi website www.simpulberkat.org berisi Info kegiatan, Artikel, Kolom PH hingga Komik hasil kerjasama dengan pihak-pihak lainnya akan kami kembangkan dan teruskan.

Ini menjadi pokok doa kami untuk tahun 2020, kiranya Tuhan memberi kami kekuatan dan menyediakan serta Tuhan membuka jalan kerjasama dengan pihak lainnya.  Kami juga membuka untuk bekerjasama dengan siapapun dan dapat menghubungi lewat email di artha_senna@yahoo.com atau lewat WA : 0 82 110 287 160.

Terima kasih atas semua dukungan para donatur yang mendukung kami sepanjang tahun 2019 dan kiranya Tuhan menolong menjalani tahun 2020 dengan penyertaanNya.

 

Yayasan Simpul Berkat
a.n Philip HS/Bank BCA Cabang Cilebut
No. Rekening: 0953882377

 

 

 

Categories:

Leave a Comment