Posted on: 14 November 2020 Posted by: admin Comments: 0

Buku Explorasi Kitab Daniel : Bercahaya Seperti Cahaya Cakrawala

Buku ini menSebagaimana Daniel dkk. di pasal 1 – 6 butuh kearifan dan keteguhan dalam menentukan komitmen dan sikap tepat dalam budaya yang menentang dan berbahaya, demikian juga kita di zaman ini. Sebagaimana wahyu-wahyu dari Tuhan Allah dienam pasal berikutnya membentuk keyakinan yang mengakar akan kedaulatan Tuhan dalam sejarah, demikian juga kiranya kesadaran sama tertanam kokoh dalam kehidupan kita di zaman penuh ketidakpastian ini. Explorasi Daniel ini akan menjawab beberapa pertanyaan berikut. Apa saja arti asal dari semua paparan dalam Kitab Daniel? Apa relevansi dan maknanya untuk kita masa kini? Bagaimana pelajaran untuk kita masa kini? Apa sebenarnya tujuan dan pesan utama dari apokaliptik Daniel?eliti bgm Daniel cs bisa jadi instrumen Allah di area sospol kerajaan2 penindas (Daniel 1-6), dan isu apa saja yg Allah singkapkan kpd Daniel ttg sejarah dunia dan akhir zaman (Daniel 7-12).

Buku 232 hlm14,5 x 21 cm, kertas impor. Isi 50 pasal disertai pertanyaan refleksi aplikatif untuk ber-SaTe atau KomSel.

——————

Eksplorasi kitab Daniel sangat memberkati hidup saya, menjawab ketidak-mengertian selama ini tentang kitab Daniel, mengajarkan bahwa Firman Tuhan itu ya dan amin berbicara secara pribadi kepada saya jika dipelajari / digali dengan benar, mendalam dan terutama dikaitkan dengan kondisi/fakta yang ada saat ini. Trimakasih bung Paul sudah melibatkan saya dalam pembelajaran ini. Tuhan berkati, juga semua peserta pembelajaran kitab Daniel ini. Amin!

Dr. Maureen Waas

Sekretaris BPY LPPI Jakarta

 

Kedalaman Firman Tuhan sungguh menakjubkan. Khususnya di Kitab Daniel yang bisa menjadi bahan perdebatan eskatologis panjang. Tetapi melalui penggalian ayat di dalam konteks dan perjalanan sejarah yang dilakukan pak Paul Hidajat, hal-hal teologis penting dan sulit menjadi terbuka. Dan dengan dijadikan buku ini boleh menolong lebih luas. Bahasa yang lugas dan tuntas, membuat enak dibaca dan mudah dimengerti. Sangat dianjurkan bagi yang ingin menggali Firman Tuhan baik untuk pribadi, kelompok maupun di gereja.

Yuke Sugihono

Wiraswasta, Praktisi Pendidikan – Pengurus Gereja Reformasi Indonesia

 

Dalam WAG Explorasi Daniel saya menyadari betapa sedikitnya pengetahuan akan Firman Tuhan, betapa dalam dan luar biasanya firman Tuhan. Banyak hal yang dalam dibukakan dan baru kami pahami. Betapa hebatnya Tuhan kita yang berkuasa atas sejarah manusia, yang mengatur segala yang terjadi dengan para raja dan penguasa. Semua dibukakan agar kita waspada, makin percaya, tetap teguh dan terhibur oleh pertolongan Tuhan. Terima kasih untuk pak Paul dan semua teman di WAG Explorasi Daniel. Berbagai komen dan uraian teman-teman sungguh memperkaya dan menolong.

Louisa S. Hakim

Guru Sekolah Minggu GKI Citra Garden 1

Guru PAUD Suara Anak Bangsa

 

Terimakasih untuk ikut dalam Explorasi Daniel. Buat saya sangat luar biasa pendalamannya, menolong saya melihat kebesaran dan kedahsyatan Allah yang luar biasa. Dia adalah Pencipta, sungguh pengendali seluruh kehidupan. Penglihatan Daniel menggambarkan dengan rinci apa yang akan terjadi di masa depan, yang Allah rencanakan baik dalam Israel di pembuangan maupun sejarah yang akan datang. Saya diteguhkan dengan menyadari kedahsyatan Allah yang selama ini menjadi tempat saya bersandar.

Dr. Istianto Kuntjoro MFM,

Dosen di FK UKDW, Bagian IKM, Dr Jaga IGD Paruh Waktu di RS Condong Catur, dan melayani di klinik GKI Gejayan

 

Saya sangat diberkati melalui Explorasi kitab Daniel, seorang manusia biasa yang hanya ada dua kata dalam kamus hidupnya TAAT dan SETIA kepada Allah. Secara pengetahuan, saya semakin mengagumi Alkitab ketika dibukakan pemaparan yang komprehensif, luas, detail tentang sejarah dunia yang tergenapi dari nubuatan Daniel. Dan, yang sangat penting juga adalah implikasi rohani yang saya dapatkan. Sangat dikuatkan untuk terus ikut serta berjuang / berperang melalui doa-doa, karena melihat betapa Tuhan sungguh memerhatikan doa-doa umatNya yang terus setia dinaikkan.

Segala pujian hormat serta kemuliaan bagi Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, Allah yang kekal mengatasi segala zaman, yang berdaulat penuh atas semesta, kuat dan perkasa, yang setia terus memelihara umatNya, dan mendengar doa hamba2Nya.

Junicke

Divisi Alumni Perkantas

 

Terima kasih pak Paul untuk semua usaha yg sudah diberikan, menggali demikian dalam kitab Daniel, sampai dengan bukti-bukti sejarah begitu rinci, yang dulunya saya kira hanya ada dalam dongeng (kisah Cleopatra). Semoga melalui buku ini kita makin dikuatkan dan disegarkan melalui banyak hal yang dibukakan. Tuhan memberkati pak Paul. Ditunggu karya-karya berikutnya

Drg. Eveline Liman, Perkantas Medis

 

Dalam Explorasi Daniel, pak Paul Hidayat menguraikan kitab Daniel secara alkitabiah didukung sumber-sumber yang terpercaya. Pada bagian penerapan diuraikan dengan sangat relevan, luas dan tajam bagi jemaat — komunitas orang percaya zaman ini. Melalui Explorasi Daniel, kita mempelajari kesetiaan Daniel, Hananya, Misael dan Azarya terhadap Tuhan, serta keutamaan dan kedaulatan-Nya pada zaman yang lampau maupun yang akan datang.

Ronny Sumantri,

Gembala New Testament Church di Kelapa Gading, Jakarta

 

Bersyukur kepada Tuhan, terima kasih atas eksposisi Alkitab yang luar biasa. Passionate biblically, sound theologically, relevant historically, challenging contextually. Puji Tuhan.

Gideon Ang, Ketua STT IMAN

 

Melalui penjelasan dalam Explorasi Kitab Daniel saya mendapat banyak berkat dan pemahaman yang lebih luas serta wawasan untuk pelayanan. Berharap agar ada penelaahan Alkitab berikutnya dan kiranya materi Explorasi Kitab Daniel ini bisa memberkati kalangan lebih luas dengan diterbitkan.

Pdt Robby Moningka

Pembina Yayasan Bahtera Indonesia Cerah (BeACh)

Sydney

 

Sekitar tiga bulan Pak Paul Hidajat membimbing kami anggota WAG Eksplorasi Daniel untuk bersama menyelami kitab Daniel. Kitab yang sarat dengan penglihatan apokaliptik, nubuatan serta simbol-simbol, namun hal tersebut menjadi mudah dipahami, terlihat dari diskusi dan interaksi anggota group, yang terdiri dari berbagai kalangan dan layar belakang profesi. Saya sendiri sebagai Pendeta Jemaat, mendapatkan petualangan baru yang membuka wawasan, seolah masuk dalam situasi Daniel dan kawan-kawan, kemudian memetik makna-makna di dalamnya untuk situasi masa kini. Saya berharap, dengan dibukukannya Explorasi Daniel, yang tentunya dengan penggalian yang lebih dalam, saya dapat melanjutkan petualangan bermakna ini. Saya terberkati dengan petualangan ini, saya yakin pembaca juga pasti diberkati.

Pdt. Francisca A. E. Emor, D.Min.,

Gereja Kristus Bandung

 

Categories:

Leave a Comment